[Terima kasih atas kunjungan anda, mohon input buku tamu, komentar dan saran yang membangun]

Cara Mengatasi Wireless tidak dapat connect di windows

Aug 12, 2011

Kali ini, kita akan membahas tentang Windows XP sp1 dan sp2 yang tidak bisa connect ke wireless. Padahal, anda sudah yakin bahwa tidak ada masalah sama sekali dengan hardwarenya. Dan drivernya pun sudah terinstall dengan benar. Namun, ketika mengklik tombol Connect pada salah satu jaringan wireless yang tertangkap, yang muncul justeru adalah pesan sebagai berikut:

“Windows is unable to connect to the selected network. The network may no longer be in range. Please refresh the list of available networks and try to connect again.”

Terjemahan bebasnya kira-kira begini : “Bahwa windows tidak bisa melakukan koneksi pada jaringan tersebut dikarenakan (mungkin) tidak lagi berada dalam jangkauan. Silakan refresh dan coba lakukan koneksi lagi.”
Pesan itu tetap muncul setiap kali anda mengklik tombol Connect, padahal sinyal yang didapatkan dalam status Strength (full).
Penyebab
Masalah ini seringkali terjadi oleh tidak tersedianya feature security yang sesuai dengan ketentuan di Wireless Router. Windows XP, secara default hanya menyediakan dua jenis type security wireless, yaitu WPA dan WPA-PSK.
Sehingga, jika security yang anda tentukan di router adalah WPA2, maka tentu saja windows xp menganggap tidak menjangkau jaringan tersebut (walaupun sinyal terlihat full) atau bahasa windows biasanya mengatakan “may no longer be in range”.

Lantas, apakah windows xp anda salah ?, apakah windows anda jelek ? bukan, alangkah bodohnya jika anda beranggapan demikian.

Perlu anda ketahui bahwa WPA2 itu diciptakan setelah windows XP beredar. Jadi, sangat wajar jika Windows XP belum memasukkannya dalam feature wireless yang tersedia. Solusinya, anda harus mendownload file update dari situs resminya langsung. Untuk mempercepat pencarian, sebaiknya masuk ke google dan ketik “WPA2 update site:microsoft.com”.
File yang harus anda download klik pada gambar

Setelah itu, anda tinggal install dan restart computer.

Semoga bermanfaat.

Sumber Cek disini
Artikel Terkait di Bawah posting

2 coment:

  1. Ahmed said...:

    Nice share, good idea gan..

  1. Terimakasih mas, solved.
    skrg laptop saya udh bisa konek ke wifi rumah :)
    Terimakasih mas, artikel yang sangat bermanfaat. Sukses selalu.

Post a Comment

Jadilah yang pertama untuk berikan komentar yang membangun.