[Terima kasih atas kunjungan anda, mohon input buku tamu, komentar dan saran yang membangun]

Kunci Format Dokumen

Nov 11, 2009
Pada Microsoft Word 2007 terdapat sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengunci pemberian format pada sebuah dokumen. Artinya, jika Anda mengaktifkan fitur ini pada dokumen milik Anda, siapa pun tidak akan dapat memberikan format - baik itu bold, italic, underline, atau mengubah jenis dan ukuran huruf - jika tidak mengetahui password-nya. Penguncian formatting ini juga berlaku agar "pembaca" tidak dapat menambahkan style apa pun pada dokumen serta tidak dapat mengubah warnanya. Shortcut keyboard untuk melakukan pemformatan seperti tombol [Ctrl] + [B], [Ctrl] + [I] dan sejenisnya juga ikut dinonaktifkan.
Tertarik untuk mengaplikasikan trik ini pada PC Anda?
Ikuti langkah-langkah di bawah ini:
1. Jalankan Microsoft Word kemudian buka dokumen yang ingin Anda proteksi formatnya melalui menu [File] > [Open].
2. Setelah dokumen terbuka, klik [Review] > [Protect Document] > [Restrict Formatting and Editing].
3. Di bagian kanan jendela akan muncul Task Pane Restrict Formatting and Editing. Tandai checkbox di bagian [Limit formatting a selection of styles]. Dengan begini maka tidak akan ada orang yang dapat mengubah seting format di dokumen Anda.
4. Untuk mengaplikasikan perubahan yang telah Anda lakukan, klik tombol [Yes, Start Enforcing Protection].
5. Setelah Anda mengklik tombol tersebut, akan muncul sebuah kotak dialog yang akan meminta Anda untuk memasukkan password. Password tersebut nantinya dapat digunakan untuk menonaktifkan kembali penguncian formatting.

Nah, sekarang dokumen Anda telah aman dari tangan-tangan jahil yang merusak format dokumen yang telah Anda buat.Untuk mengaktifkan kembali proteksi ini, klik [Review] > [Protect Document] > [Restrict Formatting and Editing] > [Stop Protection] kemudian masukkan password yang sudah Anda tentukan tadi.

Selamat Mencoba dan Semoga dapat Bermanfaat....

Artikel Terkait di Bawah posting

0 coment:

Post a Comment

Jadilah yang pertama untuk berikan komentar yang membangun.