[Terima kasih atas kunjungan anda, mohon input buku tamu, komentar dan saran yang membangun]

Tips Merawat Laptop anda

Nov 16, 2010
Dibawah ini adalah cara- cara merawat laptop kamu, biasanya yang saya tau ada sebagian temen- temen yang memasang charge battery waktu laptop menyala, padahal sebenarnya ini gak boleh, baca aja deh kelanjutannya :
  1. Jauhkan notebook dari sinar matahari langsung. Sebaiknya jangan bekerja di dekat jendela dimana sinar matahari secara langsung menerobos masuk.
  2. Saat bekerja, jangan letakan notebook di atas sofa atau kasur. Hal tersebut bisa menghambat aliran udara di bawah notebook dan megakibatkan notebook cepat panas, bahkan overheating.
  3. Jangan meletakan benda berat diatas notebook juga pada saat aktivitas jgn pernah meletak laptop anda diatas benda yg tak memuai, krn dapat mengurangi usia laptop.
  4. Lakukan proses charging baterai dalam keadaan notebook mati.
  5. Jika notebook hendak disimpan dalam cukup waktu yang lama, lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering.
  6. Jangan bekerja di kelembaban udara terlalu rendah atau terlalu tinggi. Kelembaban udara yang direkomendasikan adalah 8-80%
  7. Jangan pernah meletakkan barang-barang yang mengandung magnet, seperti disk, CD, kartu kredit, dan lain sebagainya, di atas komputer Anda. Hal ini perlu dilakukan demi mencegah terhapusnya data dan informasi dari hard disk Anda.
  8. Nyalakan laptop secara rutin setiap hari setidaknya selama setengah jam sampai satu jam. Bila tidak dipakai dalam jangka waktu lebih dari seminggu, simpan di tempat terlindungi, bersuhu baik, dan tidak lembab. Lepas baterai dari bodinya. Pada saat mau membuka notebook keadaan tangan berada di tengah agar mencegah kerusakan pada engsel. Pemakaian lebih dari 5 jam sebaiknya dimatikan selama 1 jam, agar mengurangi panas didalam notebook.
  9. Baterai, Jangan sampai anda tidak pernah menggunakan baterai sama sekali. Setidak-tidaknya setiap minggu, ajak laptop anda bekerja dengan daya baterai sehingga sel-sel di dalam tetap bekerja secara rutin. - Apabila anda tidak bekerja dgn notebook lebih dari dua minggu, sebaiknya anda melepaskan baterai dari bodi/tempatnya dan menyimpannya didalam temperature kamar (25derajat C) dan jgn pernah menyimpan baterai pada temperature udara yg panas. - Jangan sampai baterai di recharge secara terus menerus jika sudah dalam keadaan 100%. Karena bisa merusak sel sel didalam baterai. Jika anda tidak terlalu meperhatikan keadaan baterainya, sebaiknya Anda melepaskan baterai dari bodi/tempat notebooknya.
  10. LCD, Tidak menyetel kontras dan kecerahan terlalu tinggi,karena terlalu tinggi membuat layer display harus “bekerja lebih keras” ketika memunculkan gambar. - Memasang screen saver BLANK sesuai dengan tabiat atau kebiasaan anda bekerja. - Jangan biarkan layar tetap menyala ketika anda cukup sering bolak balik meninggalkan laptop. Dengan memasang screen saver BLANK, layar tidak dipaksa untuk menampilkan warna. Bilamana diperlukan, atur monitor mati dengan sendirinya setiap beberapa menit menyesuaikan kebutuhan anda. - Mengatur pola penggunaan baterai layer LCD dgn menyetel melalui Power Management pada system operasi. Gunakan menu Suspend, Standby, dan Hibernate secara maksimal. Setel frekuensi pada tingkat yang tidak mengganggu mata. - Manfaatkan pengaturan menu dari Display Properties semaksimal mungkin.
Semoga tips tersebut bermanfaat.
Artikel Terkait di Bawah posting

0 coment:

Post a Comment

Jadilah yang pertama untuk berikan komentar yang membangun.