[Terima kasih atas kunjungan anda, mohon input buku tamu, komentar dan saran yang membangun]

Kontrol Hard Disk dengan Gratisan Windirstat

Nov 30, 2009
Aplikasi gratisan lain yang bisa Anda gunakan adalah WinDirStat. Software berukuran mungil ini cukup mudah digunakan. Setiap data dalam hard disk ditandai dengan warna tertentu (seperti pada Disk Defragmenter) agar mudah dikenali. Begini cara pakainya.

1.Instal WinDirStat di mana installer file-nya bisa didapatkan dari www.windirstat.info. Instal dan jalankan aplikasi. Saat pertama kali aktif, Anda akan diberi pilihan drive yang hendak dicek lewat boks.

2.Select Drive. Pilih drive, lalu klik [OK]. Anda bisa memilih lebih dari satu drive dengan menekan [Shift], lalu klik drive dan akhiri dengan [OK]. Di jendela aplikasi, terlihat proses pendataan file yang tersimpan, yang ditunjukkan dengan munculnya ikon mirip tokoh Pacman, dan bar proses pencarian muncul di bawah jendela. Tak hanya itu, kotak-kotak berwarna-warni nantinya juga muncul di bagian bawah jendela.
3.Klik tanda plus (+) di depan label drive, hingga muncul folder-folder di dalamnya. Jika tanda plus di depan folder lainnya diklik, akan muncul lagi folder dan file di dalamnya. Setiap folder dan file yang terbuka akan tampil bersama ukuran dan kapasitasnya.
4.Kotak-kotak warna di bagian bawah seumpama peta lokasi file dan folder. Jika Anda klik salah satu folder dan file dalam daftar di atas, sebuah kotak putih akan muncul di jendela bawah sebagai penunjuk lokasi folder dan file tersebut.
5.Begitu pun jika Anda klik salah satu kotak atau warna di jendela bawah, maka nama file atau folder muncul di sisi atas. Jendela di sisi kanan atas adalah keterangan mengenai warna dan ekstensi file yang diwakili oleh warna tersebut.
6. Tampilkan ruang kosong yang tersedia dengan menekan tombol [F6] di kibor. Tak hanya hard disk di dalam PC, Anda juga dapat mengecek hard disk portabel. Klik [Open], pilih removable disk yang tercolok ke PC, lalu tekan [OK].

TIPS: Pilihan Aplikasi Pemantau Hard Disk
Inilah pilihan lain aplikasi jenis directory size utility yang berguna untuk memantau isi hard disk Anda.
- Disk Directory Size Reporting (www.gallery-download.netfirms.com)
- Disk Size Manager (www.spadixbd.com)
- Drive Manager (www.alexnolan.net)
Artikel Terkait di Bawah posting

0 coment:

Post a Comment

Jadilah yang pertama untuk berikan komentar yang membangun.