Langkah mengaktifkan DEBUG.EXE / DEBUG.COM :
a> Debug (enter)
-
Perintah DEBUG
1. R (Register)
Untuk menampilkan informasi komposisi register-register di dalam
mikroprosesor, alamat memori, serta isi dari alamat memori tersebut
yang mungkin berupa instruksi yang akan dilaksanakan oleh komputer,
atau data.
Contoh :
A:\>DEBUG (enter)
r (enter)
AX=0000 BX=0000 CX=0000 DX=0000 SP=FFEE BP=0000 SI=0000 DI=0000
DS=29E7 ES=29E7 SS=29E7 CS=29E7 IP=0100 NV UP EI PL NZ NA PO NC
29E7:0100 0114 ADD[SI],DX DS:0000=20CD
AX, BX, CX, DX, SP, BP, SI, DI, DS, ES, SS, CS, dan IP adalah register
internal mikroprosesor yang dipakai dalam CPU.
NV, UP, EI, PL, NZ, NA, PO, dan NC adalah output dari sebuah register
yang disebut register status atau register flag.
Angka 29E7:0100 adalah alamat lokasi memori dengan format segment:offset.
Kedua nilai tersebut merupakan kombinas antara register CS (Code Segment)
dengan IP (Instruction Pointer).
0114 adalah isi alamat memori bersangkutan, byte ke-1 berisi nilai '01',
dan byte ke-2 berisi nilai '14'. Karena setiap alamat memori berisi satu
byte, tentunya nilai 01 itulah yang berdiam pada alamat offset 0100,
sedangkan nilai 14 ada di alamat 0101 ADD[SI],DX adalah terjemahan
intruksi dari alamat memori bersangkutan.
Untuk mengubah nilai-nilai register internal dapat menggunakan perintah :
· RAX = mengubah nilai register AX
· RBX = mengubah nilai register BX
· RCX = mengubah nilai register CX
· RDX = mengubah nilai register DX
· RSP = mengubah nilai register SP
· RBP = mengubah nilai register BP
· RSI = mengubah nilai register SI
· RDI = mengubah nilai register DI
· RDS = mengubah nilai register DS
· RES = mengubah nilai register ES
· RSS = mengubah nilai register SS
· RCS = mengubah nilai register CS
· RIP = mengubah nilai register IP
Sebagai contoh untuk mengubah nilai register AX dari nilai '0000' ke nilai '1111' :
A:\>Debug (enter)
-RAX (enter)
AX 0000
: 1111 (diisi setelah ':' dan enter)
Contoh diatas juga berlaku untuk register internal lainnya dan untuk diperhatikan bahwa angka-angka yang dimasukkan kedalam register harus nilai heksadesimal.
2. D (Dump)
Berfungsi untuk melihat isi blok memori.
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-d 0100 (enter)
Hasil yang diperoleh : (import dari sidekick ke text !)
Dari tampilan tersebut, terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :
· Bagian kiri : menampilkan alamat-alamat memori dengan format segment:offset
· Bagian tengah : menampilkan angka-angka dalam heksadesimal sebagai isi dari alamat-alamat memori
· Bagian kanan : menampilkan kode-kode karakter ASCII sebagai terjemahan dari angka heksadesimal tersebut
Debug hanya akan memperlihatkan 96 jenis karakter ASCII tercetak (printable character), mulai dari nilai desimal 33 - 127. Di luar nilai itu, karakter yang ditampilkan hanyalah berupa tanda titik (dot atau period).
Beberapa parameter yang dapat digunakan :
· L (length / panjang)
Memiliki arti menampilkan data sepanjang 2 byte, bila parameter 'L' tidak diberikan, maka otomatis akan ditampilkan 128 byte data.
-D 0100 L 2 (enter)
· Alamat awal - alamat akhir
-D 0100 01FF (enter)
· Alamat segment:offset
-D FFFF:0000 (enter)
· Alamat segment:offset sampai segment:offset
-D F000:E000 F000:E000 (enter)
3. U (Unassemble)
Berfungsi untuk menampilkan listring dari suatu program bahasa mesin.
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-U FFFF:0000 (enter)
Hasil : import dari sidekick ke text !
Beberapa bentuk perintah 'U' :
· U F000:E05B (enter)
4. E (enter)
Berfungsi untuk mengisi atau mengubah data dalam memori.
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-E 0100 (enter)
Hasil :
-E 0100
29E7:0100 01.
Setelah angka 01, dapat dimasukkan nilai untuk mengganti angkat tersebut langsung di belakangnya yang diakhir dengan menekan ENTER atau menekan SPACE BAR untuk berpindah ke alamat berikutnya atau menekan tanda '-' (Hyphen) untuk mundur ke lokasi sebelumnya.
5. F (Fill)
Berfungsi untuk mengisi lokasi memori. Perbedaan dengan perintah 'E (Enter)', yang menawarkan modifikasi memori secara satu alamt demi satu alamat, sedang 'F (Fill" untuk mengubah isi alamat memori dalam jumlah besar, sesuai dengan rentang (range) yang dikehendaki.
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-F 0100 017F 58 (enter)
Berarti isilah mulai alamat offset 0100 sampai offset 017F dengan nilai heksa 58 (karakter ASCII 'x').
atau
- F F 0100 017F 'x' (enter)
Beberapa bentuk perintah 'F' : · F 0100 L 1 41 (enter)
Arti : mulai offset 0100 sebanyak 1 byte diisi dengan nilai heksa 41 (karakter ASCII 'A').
6. C (Compare)
Berfungsi untuk membandingkan isi sebuah blok memori dengan isi blok memori lainnya.
Format perintah : C alamat1 panjang alamat2
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-C 0100 L 10 0200 (enter)
Berarti mulai offset 0100 sebanyak 16 byte (10 heksa) bandingkan dengan offset 0200. Hasil yang dimunculkan hanyalah nilai-nilai yang berbeda setiap alamat.
Apabila dilayar tidak memberikan reaksi apapun selain kembali ke prompt '-' atau hyphen, berarti kedua blok memori persis sama.
7. S (Search)
Berfungsi untuk mencari data baik yang berupa karakter maupun untaian karakter (string) di dalam suatu blok memori tertentu.
Apabila dalam pencarian, data yang dicari diketemukan, maka akan ditampilkan semua alamat dari data tersebut lengkap dengan nilai segment dan offsetnya, sebaliknya bila tidak diketemukan akan kembali ke prompt '-'.
Format perintah : S alamat awal panjang alamat akhir
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-S F000:E000 L FF "IBM" (enter)
Berarti mulai alamat F000:E000 sebanyak FFh byte cari string "IBM".
-S F000:E000 L FF "A" (enter)
Berarti mulai alamat F000:E000 sebanyak FFh byte cari string "A"..
8. M (Move)
Berfungsi untuk memindahkan atau menyalin data yang ada di suatu lokasi memori ke alamat memori lainnya.
Format perintah : M alamat asal panjang alamat tujuan
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-M 0100 L 7F 0200 (enter)
Berarti mulai alamat offset 0100 sebanyak 7Fh byte isi memorinya pindahkan atau kopikan ke offset 0200.
Dari pembahasan perintah-perintah DEBUG dapat disimpulkan bahwa DEBUG dibuat dengan tujuan untuk dapat mengeksplorasi program-program yang sudah dibuat berikut segala dampaknya terhadap sistem dan aplikasi,sedangkan ASSEMBLY diadakan dengan untuk mempermudah seorang programmer dalam menyusun instruksi-instruksi pada sebuah program yang sedang dibuat.
Semoga Bermanfaat..
a> Debug (enter)
-
Perintah DEBUG
1. R (Register)
Untuk menampilkan informasi komposisi register-register di dalam
mikroprosesor, alamat memori, serta isi dari alamat memori tersebut
yang mungkin berupa instruksi yang akan dilaksanakan oleh komputer,
atau data.
Contoh :
A:\>DEBUG (enter)
r (enter)
AX=0000 BX=0000 CX=0000 DX=0000 SP=FFEE BP=0000 SI=0000 DI=0000
DS=29E7 ES=29E7 SS=29E7 CS=29E7 IP=0100 NV UP EI PL NZ NA PO NC
29E7:0100 0114 ADD[SI],DX DS:0000=20CD
AX, BX, CX, DX, SP, BP, SI, DI, DS, ES, SS, CS, dan IP adalah register
internal mikroprosesor yang dipakai dalam CPU.
NV, UP, EI, PL, NZ, NA, PO, dan NC adalah output dari sebuah register
yang disebut register status atau register flag.
Angka 29E7:0100 adalah alamat lokasi memori dengan format segment:offset.
Kedua nilai tersebut merupakan kombinas antara register CS (Code Segment)
dengan IP (Instruction Pointer).
0114 adalah isi alamat memori bersangkutan, byte ke-1 berisi nilai '01',
dan byte ke-2 berisi nilai '14'. Karena setiap alamat memori berisi satu
byte, tentunya nilai 01 itulah yang berdiam pada alamat offset 0100,
sedangkan nilai 14 ada di alamat 0101 ADD[SI],DX adalah terjemahan
intruksi dari alamat memori bersangkutan.
Untuk mengubah nilai-nilai register internal dapat menggunakan perintah :
· RAX = mengubah nilai register AX
· RBX = mengubah nilai register BX
· RCX = mengubah nilai register CX
· RDX = mengubah nilai register DX
· RSP = mengubah nilai register SP
· RBP = mengubah nilai register BP
· RSI = mengubah nilai register SI
· RDI = mengubah nilai register DI
· RDS = mengubah nilai register DS
· RES = mengubah nilai register ES
· RSS = mengubah nilai register SS
· RCS = mengubah nilai register CS
· RIP = mengubah nilai register IP
Sebagai contoh untuk mengubah nilai register AX dari nilai '0000' ke nilai '1111' :
A:\>Debug (enter)
-RAX (enter)
AX 0000
: 1111 (diisi setelah ':' dan enter)
Contoh diatas juga berlaku untuk register internal lainnya dan untuk diperhatikan bahwa angka-angka yang dimasukkan kedalam register harus nilai heksadesimal.
2. D (Dump)
Berfungsi untuk melihat isi blok memori.
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-d 0100 (enter)
Hasil yang diperoleh : (import dari sidekick ke text !)
Dari tampilan tersebut, terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :
· Bagian kiri : menampilkan alamat-alamat memori dengan format segment:offset
· Bagian tengah : menampilkan angka-angka dalam heksadesimal sebagai isi dari alamat-alamat memori
· Bagian kanan : menampilkan kode-kode karakter ASCII sebagai terjemahan dari angka heksadesimal tersebut
Debug hanya akan memperlihatkan 96 jenis karakter ASCII tercetak (printable character), mulai dari nilai desimal 33 - 127. Di luar nilai itu, karakter yang ditampilkan hanyalah berupa tanda titik (dot atau period).
Beberapa parameter yang dapat digunakan :
· L (length / panjang)
Memiliki arti menampilkan data sepanjang 2 byte, bila parameter 'L' tidak diberikan, maka otomatis akan ditampilkan 128 byte data.
-D 0100 L 2 (enter)
· Alamat awal - alamat akhir
-D 0100 01FF (enter)
· Alamat segment:offset
-D FFFF:0000 (enter)
· Alamat segment:offset sampai segment:offset
-D F000:E000 F000:E000 (enter)
3. U (Unassemble)
Berfungsi untuk menampilkan listring dari suatu program bahasa mesin.
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-U FFFF:0000 (enter)
Hasil : import dari sidekick ke text !
Beberapa bentuk perintah 'U' :
· U F000:E05B (enter)
4. E (enter)
Berfungsi untuk mengisi atau mengubah data dalam memori.
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-E 0100 (enter)
Hasil :
-E 0100
29E7:0100 01.
Setelah angka 01, dapat dimasukkan nilai untuk mengganti angkat tersebut langsung di belakangnya yang diakhir dengan menekan ENTER atau menekan SPACE BAR untuk berpindah ke alamat berikutnya atau menekan tanda '-' (Hyphen) untuk mundur ke lokasi sebelumnya.
5. F (Fill)
Berfungsi untuk mengisi lokasi memori. Perbedaan dengan perintah 'E (Enter)', yang menawarkan modifikasi memori secara satu alamt demi satu alamat, sedang 'F (Fill" untuk mengubah isi alamat memori dalam jumlah besar, sesuai dengan rentang (range) yang dikehendaki.
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-F 0100 017F 58 (enter)
Berarti isilah mulai alamat offset 0100 sampai offset 017F dengan nilai heksa 58 (karakter ASCII 'x').
atau
- F F 0100 017F 'x' (enter)
Beberapa bentuk perintah 'F' : · F 0100 L 1 41 (enter)
Arti : mulai offset 0100 sebanyak 1 byte diisi dengan nilai heksa 41 (karakter ASCII 'A').
6. C (Compare)
Berfungsi untuk membandingkan isi sebuah blok memori dengan isi blok memori lainnya.
Format perintah : C alamat1 panjang alamat2
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-C 0100 L 10 0200 (enter)
Berarti mulai offset 0100 sebanyak 16 byte (10 heksa) bandingkan dengan offset 0200. Hasil yang dimunculkan hanyalah nilai-nilai yang berbeda setiap alamat.
Apabila dilayar tidak memberikan reaksi apapun selain kembali ke prompt '-' atau hyphen, berarti kedua blok memori persis sama.
7. S (Search)
Berfungsi untuk mencari data baik yang berupa karakter maupun untaian karakter (string) di dalam suatu blok memori tertentu.
Apabila dalam pencarian, data yang dicari diketemukan, maka akan ditampilkan semua alamat dari data tersebut lengkap dengan nilai segment dan offsetnya, sebaliknya bila tidak diketemukan akan kembali ke prompt '-'.
Format perintah : S alamat awal panjang alamat akhir
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-S F000:E000 L FF "IBM" (enter)
Berarti mulai alamat F000:E000 sebanyak FFh byte cari string "IBM".
-S F000:E000 L FF "A" (enter)
Berarti mulai alamat F000:E000 sebanyak FFh byte cari string "A"..
8. M (Move)
Berfungsi untuk memindahkan atau menyalin data yang ada di suatu lokasi memori ke alamat memori lainnya.
Format perintah : M alamat asal panjang alamat tujuan
Contoh :
A:\>Debug (enter)
-M 0100 L 7F 0200 (enter)
Berarti mulai alamat offset 0100 sebanyak 7Fh byte isi memorinya pindahkan atau kopikan ke offset 0200.
Dari pembahasan perintah-perintah DEBUG dapat disimpulkan bahwa DEBUG dibuat dengan tujuan untuk dapat mengeksplorasi program-program yang sudah dibuat berikut segala dampaknya terhadap sistem dan aplikasi,sedangkan ASSEMBLY diadakan dengan untuk mempermudah seorang programmer dalam menyusun instruksi-instruksi pada sebuah program yang sedang dibuat.
Semoga Bermanfaat..
System
- Perbedaan Android Vs. Windows Phone 7
- Cara Mudah Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama
- Cara Mengatasi Canon iP2770 Error 5200
- Tips Cara Memperbaiki Komputer Rusak (Sering Restart)
- 24 Penyebab Kerusakan Komputer dan Cara Mengatasinya
- Masalah Komputer dan Solusinya
- Penyebab CPU Mati dan Solusi
- 5 Penyebab Komputer selalu restart sendiri
- Mengatasi Virus yang berjalan di proses (Task manager/services)
- E-mail Virus Protection Handbook
- Cara menghilangkan Virus Yuyun/shortcut
- Pencegahan efektif Malware dan Spyware dengan Hijackthis
- Mengenal Perbandingan Windows 7 Starter, Home Basic/Premium, Professional, Enterprise dan Ultimate
- Menampilkan Folder Options yang Di hidden Virus
- Cara lihat Windows XP kita Asli apa Palsu
- Penyebab Blue Screen Windows
- Menginstal OS Windows XP
- Perbedaan Win Xp Sp2 dengan Windows Xp Sp3
- USB Port Locked 2.0
- Google+ v1.0.2 (Google plus)
- Cara menghilangkan tulisan Windows is not genuine (Remove WAT 2.2.6)
- ROM Manager Premium v4.3.2.4
- Adobe CS5 System Requirements and Packages
- Bagaimana Cara Mengganti DNS SmartFren?
- Trik mengunci keyboard dan mouse dengan password
Tools
- Cara mengatasi printer yg tidak dapat print out
- Cara Mudah Download dan Install Driver All LAN dan Wifi
- Cara Mengatasi Wireless tidak dapat connect di windows
- Download Modul Pembelajaran Photoshop
- Cara Mudah Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama
- Cara Mengatasi Canon iP2770 Error 5200
- Tips Cara Memperbaiki Komputer Rusak (Sering Restart)
- 24 Penyebab Kerusakan Komputer dan Cara Mengatasinya
- Masalah Komputer dan Solusinya
- Data terminal equipment (DTE)
- E-mail Virus Protection Handbook
- Pencegahan efektif Malware dan Spyware dengan Hijackthis
- Cara lihat Windows XP kita Asli apa Palsu
- Cara Merubah File PDF Ke Bentuk Gambar (BMP, PNG, JPG dan TIFF)
- USB Port Locked 2.0
- Google+ v1.0.2 (Google plus)
- Cara menghilangkan tulisan Windows is not genuine (Remove WAT 2.2.6)
- ROM Manager Premium v4.3.2.4
- Adobe CS5 System Requirements and Packages
- Bagaimana Cara Mengganti DNS SmartFren?
- Translator XP Enterprise Portable
- Trik mengunci keyboard dan mouse dengan password
- Connectify 1.1 [ Software Pembuat Laptop Anda Menjadi Wireless Router / Hotspot ]
- Membuat File Music Atau Film Dengan VB 6.0 dengan mudah
- Cara Resetter PIXMA iP2770
Hardware
- Bingung Pilih Harddisk Eksternal Apa?
- Cara menghapus dual boot Windows 7
- Cara mengatasi port USB tidak berfungsi
- Menganalisa Kerusakan Laptop
- Cara Mengatasi Komputer Lambat
- Cara Mudah Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama
- Cara Mengatasi Canon iP2770 Error 5200
- Tips Cara Memperbaiki Komputer Rusak (Sering Restart)
- 24 Penyebab Kerusakan Komputer dan Cara Mengatasinya
- Masalah Komputer dan Solusinya
- Penyebab CPU Mati dan Solusi
- 5 Penyebab Komputer selalu restart sendiri
- Data terminal equipment (DTE)
- Mengatasi Virus yang berjalan di proses (Task manager/services)
- E-mail Virus Protection Handbook
- Cara menghilangkan Virus Yuyun/shortcut
- Penyebab Blue Screen Windows
- Cara Membuka Flash Disk yang Terkena Write Protected.
- Task Manager dinonaktifkan oleh Administrator Anda Akibat Gangguan virus.
- Cara membersihkan Virus RAMNIT
- Apakah Memory Menambah Kecepatan Komputer ??
- Menghapus virus shortcut
- Cara Mengunci Hardisk Supaya Gak Bisa Di copy Ke FlashDisk
- Menghilangkan Windows Genuine Advantage Notifications pada Windows 7 Tanpa Software.
0 coment:
Post a Comment
Jadilah yang pertama untuk berikan komentar yang membangun.